Kontrol Kipas Angin Otomatis Menggunakan Microcontroller ATmega16 Berbasis Sensor Suhu LM35

Post kali ini agak serius, Kawan. Tapi tak apa, berhubung saya kuliah di jurusan Teknik Elektro tidak ada salahnya saya nge-share sedikit ilmu di blog ini. Kebetulan yang saya share ini materi lumayan lama, rangkaian dan logika pemrogramannya pun sangat sederhana, tapi lumayan untuk bahan belajar dasar pemrograman microcontroller, nanti pun rangkaian dan program yang sederhana ini bisa teman-teman kembangkan. 
Penjelasannya, di rangkaian simulasi di atas, motor saya ibaratkan sebagai kipas yang nanti akan bekerja atau berputar bila sensor suhu menerima suhu diatas 30 derajat celcius. Sebagai indikatornya nanti, saya pasang lampu led yang diprogram kelap-kelip, apabila motor nyala maka led akan menyala kelap-kelip, sebaliknya, jika motor mati maka led juga akan mati alias padam.
Silakan di download file-nya aja di sini. Sudah sepaket semua.
Catatan, simulasi disini tentunya menggunakan pendekatan ideal yang mana ketika simulasi berjalan dengan baik dan sesuai harapan, itu tidak berarti dalam praktiknya akan berjalan mulus sesuai simulasi. Dalam rangkaian tersebut masih perlu menggunakan rangkaian penguat tegangan yang keluar dari sensor menuju driver motor agar sanggup memutarkan motor dalam praktiknya. Untuk penguat tegangannya bisa menggunakan rangkaian op-amp yang menyambung dari sensor menuju driver motor.

Sebagai catatan juga, rangkaian di atas merupakan rangkaian dengan sumber DC yang tentunya motornya pun menggunakan motor DC. Untuk memodifikasi sebuah kipas konvensional yang merupakan motor AC, tentunya kita perlu sedikit memodifikasi rangkaian tersebut menjadi rangkaian AC bersumber AC juga tentunya, jangan lupa motornya pun menggunakan motor AC. Sebagai pemicu bergeraknya motor, bisa menggunakan driver motor yang terhubung ke relay motor-nya.

Saya menggunakan software simulasi Proteus dan compiler bahasa C-nya menggunakan CodeVision AVR. Aplikasinya bisa teman-teman cari sendiri, googling aja, banyak kok. Apabila ada yang ingin bertanya atau menambahkan silakan mengisi kolom komentar. Terimakasih. 🙂 
makmalf

29 Replies to “Kontrol Kipas Angin Otomatis Menggunakan Microcontroller ATmega16 Berbasis Sensor Suhu LM35”

  1. mas, kebetulan saya mau membuat kipas angin yang menggunakan sensor suhu. bisa nggak dijelaskan secara sederhana biar orang awam paham. kebetulan saya orang mesin yang kurang begitu ngerti tentang elektro… terima kasih.

  2. mas, kebetulan saya mau membuat kipas angin dengan sensor suhu ruangan, tapi berhubung saya masih bingung .. bisa jelasin stepstepnya yang bisa di pahami orang awam. kebetulan aku kurang ngerti elektro karena aku orang mesin.. makasi.

  3. Untuk simulasi bisa pakai motor DC sebagai penggerak kipasnya yang bisa dibuat dari kertas karton. Langkah-langkahnya sudah saya tuliskan kok di atas. Silakan instal aplikasi yang ada, di situ sudah tertera komponen yang dibutuhkannya apa saja dan rangkaiannya juga.

  4. Secara fisik, keduanya tidak jauh berbeda. Kalo Motor AC berjalan dengan memakai sumber AC. Kalo DC berjalan menggunakan sumber DC. Motor AC biasa dipasang di kipas angin, kalo dinamo mainan seperti mobil tamiya itu menggunakan motor DC

  5. Gan Aku Mau Tanya Rangkain Elektronikanya dari simulasi di atas itu bgaimana gan supaya biar jelas gan ada ga rangkaiannya???

  6. maaf sblumnya mas sya inggin bertanya untuk smulasi diatas menggukan proteus yg mana n mngunakan motor dc yg berapa V
    dan saya jg ingn bertanya bagai mna cara memprogram rangkai diatas?

  7. bro q udh downlod ko gabisa di buka link nya semuaa ,,, ya gabisa di buka di komputersaya ,, mas bisa bantu saya tdk 2A24D786 itu pin saya broo tolong dong aku minat dengan alat anada q juga mau buat ,,,

Leave a Reply